Jumat, 19 Januari 2018

Seni Lukis

Pengertian Seni Lukis

            Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang tercipta dari hasil imajinasi seniman yang diekspresikan melalui media garis, warna, tekstur, gelap terang, maupun bidang dan bentuk. Seni lukis disajikan dalam bidang dua dimensi seperti kanvas, papan, kertas, dan lainnya. Karya dari seni lukis ini disebut dengan lukisan.

Hal-hal yang diperlukan dalam seni lukis
1.   Bahan
Pada dasarnya setiap medium atau bahan memiliki dua sifat dasar, yaitu:
Sifat fisik, medium dapat dilihat dengan mata, permukaannya bias kasar atau halus, keras, lunak, mudah pecah, bersifat elastis dan lainnya.
Dalam sifat elastic adalah sifat keindahan yang memiliki setiap medium berbeda. Nilai estetika lukisan menggunakan medi cat minyak tentu akan berbeda dengan lukisan yang menggunakan media cat air. Setiap bahan yang dipilih untuk karya seni lukis memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Hal ini tidak menunjukkan bahan yang satu lebih baik dibandingkan yang lainnya. Pemilihan medium tidak menentukan artistic dan mahalnya suatu karya tersebut. Kreatifitas dan bakat seniman yang lebih mempengaruhi kualitas karya yang dihasilkan.
2.   Alat
Pemilihan alat yang baik adalah alat yang dipilih harus sesuai dengan medium yang digunakan. Alat yang digunakan dalam seni lukis sama dengan peralatan menggambar pada umumnya yaitu cat air, pensil, cat poster, pensil warna, pastel, kuas, crayon, cat akrilik, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat ya guys...


Berikut di bawah ini adalah contoh seni lukis :

Seni Lukis menggunakan kanvas




Sumber : foto pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seni Lukis

Pengertian Seni Lukis             Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang tercipta dari hasil imajinasi seniman yang die...