Sabtu, 14 Oktober 2017

Perbedaan Ilmu Alam, Ilmu Sosial, dan Humaniora


Ø  Pengertian Ilmu Alam atau Sains
Dalam sejarah pemikiran filsafat, teori pengetahuan ini termasuk salah satu cabang filsafat yang didalamnya dibicarakan masalah yang berkenaan dengan hakikat sumber, cara, dan prosedur memperolehnya ataupun yang menyangkut nilai pengetahuan itu sendiri. Kata sains berasal dari bahasa latin “scientia” yang berarti pengetahuan, memandang dan mengamati keberadaan (eksistensi) alam ini sebagai obyek. Berdasarkan Webster New Collegiate Dictionary, definisi sains adalah pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan pembuktian atau pengetahuan yang melingkupi suatu kebenaran umum dari hukum-hukum alam yang terjadi, misalnya didapatkan, dibuktikan, melalui metode ilmiah. Sains pada prinsipnya merupakan suatu usaha untuk mengorganisasikan dan mensistematisasikan common sense, suatu pengetahuan yang berasal dari pengalaman dan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari dan dilanjutkan dengan suatu pemikiran secara cermat dan teliti dengan menggunakan berbagai metode yang biasa dilakukan dalam penelitian ilmiah (observasi, eksperimen, survey, studi kasus dan lain-lain).

Ø  Pengertian Ilmu Sosial
Ilmu sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.

     Menurut KBBI humaniora adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Pendidikan humaniora dimaksudkan untuk mengisi kawasan sikap (affrctive domain) dengan nilai-nilai yang tinggi demi memanusiawikan ilmu dan teknologi, serta menyeimbangkan manusia menjadi makhluk yang peka, insaf, dan mampu menghayati nilai-nilai yang terkandung dalamnya, kemanusiaan yang beradab dan alam semesta. Pendidikan humaniora juga sebagai sarana pembentukan manusia yang seimbang, yang memahami bahwa disamping alam materi dan alam ideal terdapat alam nilai dan alam spiritual lainnya.

            Dari pengertian diatas dapat disimpulkan perbedaan antara ilmu alam, ilmu sosial dan humaniora adalah ilmu alam mempelajari pemikiran filsafat, ilmu sosial sekelompok yang mempelajari aspek berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya, serta humaniora mempelajari ilmu pengetahuan dan membuat lebih berbudaya.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seni Lukis

Pengertian Seni Lukis             Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang tercipta dari hasil imajinasi seniman yang die...