Rabu, 15 November 2017

Penjor Sederhana Bernuansa Alami

Penjor sederhana

            Hari Raya Galungan identik dengan penjor yang dipasang di tepi jalan atau di depan rumah, menghiasi jalan raya yang bernuansa alami. Penjor adalah bambu yang dihias sedemikian rupa sesuai tradisi masyarakat Bali setempat. Hari Raya Galungan adalah hari umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya, serta merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma). Sebagai ucapan syukur, umat Hindu memberi dan melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara (dengan segala manifestasinya). Dalam membuat penjor dilakukan pada saat Penampahan Galungan. Penampahan Galungan jatuh pada hari Selasa Wage wuku Dungulan. Umat Hindu disibukkan dengan pembuatan penjor sebagai ungkapan syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa atas segala anugrah yang diterima.
Penjor tersebut dibuat dari batang bambu melengkung yang diisi hiasan sedemikian rupa. Selain membuat penjor umat hindu juga menyembelih babi yang dagingnya akan digunakan sebagai pelengkap upacara, penyembelihan babi ini  mengandung makna simbolis membunuh semua nafsu kebinatangan yang ada dalam diri manusia. Kepercayaan umat hindu pada umumnya, hari Penampahan Galungan ini para leluhur akan mendatangi sanak keturunannya yang ada di dunia. Oleh karena itu masyarakat Bali membuat suguhan khusus yang terdiri atas nasi, lauk-pauk, jajanan, buah, kopi, air, lekesan (daun sirih dan pinang) atau rokok yang ditujukkan kepada leluhur yang “menyinggahi” mereka di rumahnya masing-masing. Seperti penjor sederhana yang ada di bawah ini berikut tahap-tahap pembuatannya :





































1 komentar:

  1. Reading your post remind me when I was young and still lived with my parents. My duty is to complete the tools of penjor such as giving accessories and make it beautiful to be display for public.

    BalasHapus

Seni Lukis

Pengertian Seni Lukis             Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang tercipta dari hasil imajinasi seniman yang die...